Analisa E-Commerce Bhinneka.Com

 



Seiring perkembangan, cara orang dalam berbelanja sesuatu berubah, yang tadinya proses transaksi dilakukan secara tatap muka antara penjual dengan pembeli, menjadi daring.

Proses transaksi daring tidak membutuhkan aktivitas transaksi secara tatap muka, cukup dengan fasilitas internet, maka transaksi dapat dilakukan. Termasuk proses pembayaran dan pengiriman, juga dapat dilakukan secara daring, bahkan, segala proses dan statusnya pun dapat di monitor melalui web aplikasi perdagangan yang biasa kita kenal dengan E-Commerce.

E-Commerce menjadi sangat popular di era sekarang, hal ini diyakini penulis dikarenakan kebutuhan orang per-orang yang sudah mulai bergeser dari menjalani tiap proses menjadi instan. Semua menjadi satu kesatuan mata rantai dimana tiap orang saat ini selalu di tuntut untuk dapat melakukan sesuatu dengan cepat, tepat, dan cermat.

Bhinneka.Com sendiri adalah produk E-Commerce pertama di Indonesia yang sudah didirikan sejak 1993, bahkan bisa kita katakan menjadi visioner pertama E-Commerce di Indonesia. Berfokus pada perdagangan peralatan elektronik dan teknologi informasi.

Berikut ini beberapa hal solusi menarik yang ditawarkan oleh Bhinneka.Com melalui transaksi onlinenya:

  1. Katalog
    Pembeli dapat mendapatkan informasi produk yang mereka inginkan melalui situs resmi Bhinneka.Com, katalog sendiri terbilang cukup lengkap. Beberapa informasi yang dapat dilihat melalui katalog adalah Harga, Estimasi Waktu Pengiriman, Pemilihan Warna, Jumlah Pembelian, Informasi Garansi, Deskripsi, Informasi Spesifikasi, dan Overview Produk 360 Derajat.
  2. Transaksi
    Transaksi dapat dilakukan secara online maupun offline, pembayaran online dapat secara langsung dilakukan dengan cara melakukan pembayaran produk melalui informasi teknis cara pembayaran. Sedangkan, pembayaran dapat juga dilakukan secara offline dengan cara menghubungi langsung customer service, biasanya pembayaran secara offline dilakukan untuk pembelian yang cukup banyak atau custom spesifikasi. Pembeli dapat langsung datang ke gerai Bhinneka.Com untuk melakukan pembelian perangkat yang custom tadi.
  3. Kategori
    Dalam mendapatkan produk yang diinginkan, pembeli dapat memilih kategori dari situs, misal pembeli ingin membeli perangkat laptop, maka pembeli dapat memilih kategori Technology and Communication dan dilanjutkan dengan Laptop, sehingga, secara otomatis situs akan menyortir produk-produk hanya dengan kategori laptop saja, calon pembeli dapat langsung melihat katalog laptop dan dilanjutkan dengan pemilihan produk yang mereka inginkan.
  4. Cicilan
    Bhinneka.Com selalu melakukan update solusi dan fitur, menyesuaikan perkembangan jaman. Sebut saja Cicilan, saat ini Bhinneka.Com telah membuka akses menu cicilan terhadap produk yang ingin dibeli oleh pembeli. Kini, pembeli dapat mencicil produk yang mereka inginkan dengan mudah, dan dalam satu proses transaksi yang dilakukan melalui situs Bhinneka.Com
Bhinneka.Com sendiri tidak hanya melayani kebutuhan akan pembeli dengan kategori retail, namun juga dapat melayani kebutuhan dengan katogori enterprise yang biasa dilakukan oleh perusahaan.
Kebutuhan enterprise biasanya dapat terlihat dari jumlah pembeliannya yang cukup banyak, dengan produk yang biasa digunakan oleh suatu perusahaan. Sebut saja Mesin Printer, Peralatan ATK, Laptop/Komputer dengan Jumlah Massive, Mesin Server, Mesin Storage, dan lain sebagainya.

Untuk pelanggan perusahaan, Bhinneka.Com juga menawarkan jasa layanan maintenance dan atau garansi terhadap perangkat yang dibeli, yang artinya, Bhinneka.Com siap menjaga perangkat yang dijual agar terus optimal dalam penggunaannya.

Sekian analisis yang penulis kaji dan tuangkan dalam blog ini, semoga kajian ini dapat bermanfaat bagi para pembaca.

Penulis:
Eka Tama Prasetiya
17225004
17.1A.26
Pengantar Teknologi Informasi dan Komputer
UBSI Slipi
Kode Dosen: IOK

Comments

Popular posts from this blog

Article Configure VMware vCenter Appliance 5.5 (VCSA) Step by Step Guide using OVF Template